Oleh: km3community | April 21, 2008

profil KM3

Profile Korps Mubaligh Mahasiswa Muhammadiyah

           Korps Mubaligh Mahasiswa Muhammadiyah atau disingkat KM3 adalah follow up hasil dari Pelatihan Nasional Mubaligh Mahasiswa Muhamadiyah yang diselenggarakan oleh Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang bertujuan untuk mempersiapkan atau mencetak generasi penerus (kader) dalam menjalankan dakwah Islam yang beramar ma’ruf nahi munkar dan bertu’minuna billahi untuk kehidupan yang dijalani sehingga bisa mempengaruhi rutinitas dalam beraktifitas kehidupan sehari-harinya.

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu kota/daerah yang populasi masyarakatnya beranekaragam agama, suku/rasisme dan budaya. Sehingga dalam aktifitas kehidupan masyarakat khususnya mengenai kepercayaan dalam ritualitas (Ibadah) masih tergolong menyimpang dengan Syari’at Islam, AlQur’an dan Al Hadist. Perlu diketahui bahwa Ada dua faktor yang mempengaruhi ritualitas (ibadah) masyarakat Yogyakarta. Pertama, faktor Internal yakni faktor yang sudah beberapa abad lamanya telah diterapkan (doktrinasi) oleh kasultanan (kratonisme) sehingga masyarakat Yogyakarta dalam beraktifitas condong berkiblat pada ritualitas yang telah mendarah daging (Kebiasaan) dari nenek moyang yang menjadi generasi turun temurun. Kedua, faktor eksternal yakni berawal dari populasi masyarakat pendatang (khusunya Mahasiswa) yang membawa misinya tidak sesuai dengan budaya masyarakat dalam berperilaku (etika), cara berpakaian (performance) dan Pemikirannya  bahkan sampai pada aktifitas kehidupan kesehariannya, sehingga menyimpang jauh dari jalur syariat Islam dan hal ini bisa mempengaruhi masyarakat pribumi.

          Fenomena tersebut merupakan sebahagian kecil dari pengaruh-pengaruh yang bisa menjadi bias-bias kehidupan masyarakat Muslim khususnya dan masyarakat Yogyakarta pada umumnya,yang sebetulnya membawa misi positif menjadi pudar dan bahkan menghilang.

Lahirnya  Korps Mubaligh Mahasiswa Muhammadiyah (Km3) Berawal dari melihat fenomena tersebut akhirnya tergugah untuk memberikan sumbangan pikiran dan segenap kemampuan untuk masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Insya Allah dengan melalui tawaran kegiatan Pembinaan-pembinaan dan kajian-kajian ini sedikit bisa membantu dakwah Islam yang penuh dengan tantangan dan godaan  yang begitu berat  dan professional dalam merubah karakteristik masyarakat Islam khususnya.

Program kerja yang akan dilaksanakan sebagai kegiatan utama lembaga ini adalah ;

  • Pengajian Rutin Mingguan atau kajian ahad pagi jam 6 pembicara adalah dari bapak-bapak muhammadiyah
  • Diskusi Islam Kontemporer
  • Proyek Desa Binaan
  • Dakwah Multimedia dan Penerbitan Buletin

 

SUSUNAN KEPENGURUSAN KORP MUBALIGH MAHASISWA MUHAMMADIYAH (KM3)

PERIODE 2008-2009

PEMBIMBING

Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MTDK)

PEMDAMPING

  • Idrus A, S. Pdi
  • Suseno
  • lukman Satria S.
  • Ima Azizah

Ketua Umum

Sigit Wibowo (UNY)

Sekretaris Umum

  1. Endang Murdaningsih (Stikes Aisyiyah Yogyakarta)
  2. Azimatunnisa’ (Stikes Aisyiyah Yogyakarta)

Bendahara

  1. Fajriyah Mubaokah (UIN Yogyakarta)
  2. Bagus Prasetio(Stikes Aisyiyah Yogyakarta)

BiDANG PSDK

Ketua Bidang

  • Leni Susanti (Stikes Aisyiyah Yogyakarta)

Sekretaris bidang

  • Nur Rohmah (Stikes Aisyiyah Yogyakarta)

Anggota

  1. Novaldi A.R (UMY)
  2. Fitri Aningrum (UNY)
  3. Imam Musthofa (UMY)

BIDANG DAKWAH

Ketua bidang

  • Sobirin (UIN Yogyakarta)

Sekretaris Bidang

  • Robison (Stikes Aisyiyah Yogyakarta)

Anggota

  1. Syaeful Azhar Aziz (UAD)
  2. Riska Wijayanti (Stikes Aisyiyah Yogyakarta)
  3. Mira Wati Saadia (Stikes Aisyiyah Yogyakarta)
  4. Muharmansyah (Stikes Aisyiyah Yogyakarta)
  5. Joko Prabowo (UNY)

BIDANG PENELITIHAN DAN PENGEMBANGAN

Ketua Bidang

  • Chanif Ichsan (UGM)

Sekretaris Bidang

  1. Nooria Kusumaningtyas (UAD)
  2. Dwi Anne Marita (Stikes Aisyiyah Yogyakarta)

Anggota

  1. Nevi Kurniasih (UNY)
  2. Nur Khasanah (UMY)
  3. Farah Faulin (UMY)
  4. Sucika Setiawati (Stikes Aisyiyah Yogyakarta)
  5. Benni Farida Fauziarti (UMY)
  6. Ringgo (UMY)
  7. Hariyanto (UMY)

 


Responses

  1. ditunggu tulisan temen2…KM3.

    kita berlomba dalam menulis.

    bagi yang mau mengirimkan tulisan-tulisan terbaiknya, kirim saja ke Email Tjah_2bans@yahoo.co.id.
    ditunggu ya..oke.

  2. tetap semangat berdakwah, memperjuangkan ISLAM…

    salam ‘perjuangan’ dari IMMAWATI UGM….

  3. Ketuanya mas Sigit to?
    Wah, keren…

    teruskan dakwah ini…. Semoga sukses!!!

  4. Mas sigit dadi ketua sing tenanan,
    Jadilah ketua teladan jangan jadi ketua telatan.
    Yang semangat terus ya, jangan loyo dan ngantukan wae.
    he..he…

  5. semangat…..
    tapi, KM3 ini emang baru di jogja ya? kok pimpinannya dari kampus jogja semua?

  6. salam. nif, susunan pengurusnya diedit ya. masa ad penasihat dimasukin jd anggota PSDK? foto2 KM3 jg dmasukin dong. trz kegiatan2 KM3 dmasukin jg ya, tmasuk kajian ahad paginy. GOOD LUCK dech!!!

  7. ganbate., teman2 km3wan, km3wati semuanya.,
    mas sigit., sering telat ya?!he3

  8. mas sigit jadi ketua KM3, harus jadi teladan untuk temen-temen yang lain…..
    tetap semangat….KM3 Yogya

    salam dari temen-temen IMM FE UMY

  9. nulisnya ‘aisyiyah ya.,koma nya di depan A bukan didepan I km3wan hanif., diganti ya.,

  10. assalamu’alaikum km3wan imam.,
    kok ndak pernah muncul sekarang?!
    lagi sibuk ya?!
    masih inget janjinya untuk TPA kmrin ndak?!
    kapan ni kesananya?!

  11. he3 sudah diganti yah.,
    syukron.,
    hayo kapan rapat lagi PM3 nya?!

  12. temen2PSDK kumpul di t4nya m’idrus hari jum’at tanggal 6 juni pkl:17.00 tepat ya..bahas proker PSDK

  13. klo kajian ahad pagi, jangan pemateri yg datang duluan daripada qt2.Pamali atuh? g malu?
    afwan ya…….

  14. yupz tul mbak ane.,
    sepakat.,
    rapatnya kali – kali dimana gitu yuk.,
    ex: angkringan gondolayu, alkid ato di depok gitu.,,
    mau ya?!

  15. alhamd..Saluuut dgn KM3wan-KM3wati,dah mulai Mnggunakan Metode Dakwahnya dgn Variatif (Gunakan Metode Pendekatan terbaik-mu sesuai Potensi untuk Berdakwah).Moga Ghirrah Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar kan Tjaga.Gmana kl buat Kolom Konsultasi,Informasi or lainnya.coz, buat Pengunjung dari luar.Btw,,,,Nie Kok blm di Edit Susunan Kpengurusannya?

  16. MAAF LUPA..!! Kayaknya ada yang PERLU di RALAT jg…(1) Ikatan Mubaligh Mahasiswa Muhammadiyah (IM3)—> DIGANTI KM3. berawal dari melihat fenomena tersebut akhirnya tergugah untuk memberikan arahan atau siraman rohani untuk masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Insya Allah dengan melalui tawaran kegiatan Pengajian Rutin Mingguan ini sedikit bisa membantu dakwah Islam yang penuh dengan tantangan dan godaan silih berganti yang begitu canggih dan professional dalam merubah karakteristik masyarakat Islam khususnya. Dan secara mikro, tujuan diadakan Pengajian Rutin Mingguan bisa memberikan arahaan secara teoritis sebagai pertimbangan untuk kehidupan yang dijalani sehingga bisa mempengaruhi rutinitas dalam beraktifitas kehidupan sehari-harinya.——–>>> Kalimat ini sebuah PROGRAM yakni Pengajian Rutin Mingguan. (2) Antara PerParagraf msh Kurang Berkaitan(seolah-olah Meloncat). Kerangka Teorinya dah Pas (Prolog,Uraian Masalah, dan Solusinya), spt mau masuk Paragraf 2 hrs perlu dijelaskan dulu masalahnya dari mana,,OK….Mooga Bermanfaat.Syukran

  17. mf, untuk semantara hanya ini yang bisa di edit..
    mohon masukannya dari temen2..

    kami tunggu tulisannya dari temen2 KM3 demi keberlangsungan dakwah kita.
    mari kita berlomba dalam kebaikan.
    sykuron.

  18. assalamu’alaikum km3wan chanif., nampaknya ada yang perlu di edit lagi.,
    muharmansyah dari Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta.,
    bukan dari UMY

  19. ass,
    wduh kok arman dari UMY sc..
    gnti donk!!!!

  20. selamat….selamat….
    makin ramai aja nih blognya…
    usul….

    gimana kalo resume kajian ahad paginya di upload juga,….

  21. Afwn… beberapa waktu ni sy jrg nongol di rpt..
    Btw, pripun TPA yg ditawarin tmn2 AMM Kasihan?dah da yg aktv di sana-kah??

  22. untuk km3wan Arman, maaf atas kesalahan penulisan biodatanya.
    untuk itu sudah kami rubah.

    tetep semangat..
    tetep aktiv dalam berdakwah.

  23. @Immawati Qolbi

    terimah kasih ats usulannya.

    untuk kaijian ahad pagi resumenya masih dalam proses.

    insya Allah akan segera dipublikasikan.

  24. @F

    Untuk TPA sedang kami usahakan.
    untuk itu kami membutuhkan eksistensi anda untuk membantu terlaksanakannya program ini.
    syukron.

  25. untuk TPA Insya Allah saya bantu, tapi dari Pengurus KM3 pantikan dulu.

  26. Assalamu’alaikum.
    Salam perjuangan dari KM3 Solo.Senang rasanya melihat antusiasme IMMawan/IMMawati KM3 dalam berda’wah. Pas muktamar IMM di lampung ane ketemu dengan teman2 KM3 Bengkulu and Riau disamping teman-teman dari daerah lainnya. and ternyata kebanyakan dari Qt ternyata masih bingung mengenai struktural KM3. Dari situ maka saya pnya usul agar MTDK dan KM3 jogja bisa memfasilitasi KM3 seluruh Indonesia untuk ngumpul bareng, Gmana?Thank for attention, Keep your heart and Istiqomah Always.

  27. assalamu’alaikum km3wn hanif, kok g terkirim2 ya?susah sekali masuknya.

  28. @n_ IMMawati KM3 Ane

    waalaikumsalam wr. wb..
    semoga lindungan Allah selalu menyertaimu..
    oh gak terkirim2 juga ya..mungkin waktu ngirimnya gak pake bismillah kali..
    so tetep semangat ya..coba dikirim lagi. jangan lupa baca bismillah dulu..

  29. @Tri_Km3Solo

    waalaikumsalam wr. wb..
    untuk usulan itu sudah kami bicarakan kepada teman2 KM3, dan alhamdullah dapat respon dari teman2, dan tindak lanjutkan Insya Allah akan segera dibicarakan bersama dengan bapak-bapak MTDK.

    semoga kita tetep istiqomah dalam menjalankan roda dakwah ini.

  30. iya ni saya baca bismillah.tapi klo g terkirim2 mungkin belum ditakdirkn.heheheee

  31. GOOD 3X ….sukron ya brother n sister km3 ats pengubhnnya….

    KM3 ttp JAYA n
    ttp SEMANGAT

  32. ya ya ya ya terima kasih atas masukannya. insya allah kita akan terus memperbaiki diri, tentunya kalian juga. kalau kritik saya jangan telat, antum juga tidak boleh telat lho!!!!!!!, he he,jangan marah ya??

  33. EMM?UNTUK TEMEN2 SEMUA, SELAMAT BERJUANG YA, SETIAP PERJUANGAN PASTI ADA HALANGAN YANG MENGHADANG. HALANGAN HARUS KITA HADAPI BUKAN UNTUK DI TAKUTI.

  34. untuk usulan maz try insya allah akan kami usahakan, salam untuk temen-temen IMM di UMS

  35. untuk foto pengurus, antum ngomong ama immawan chanif ya, sukron

  36. for imam, tentu aku serius, sukron ya. untuk temen IMM FE, waallaikum salam

  37. temen-temen kajian ahad datang donk

  38. untuk immawati anne, besok rapatnya di rumah antum az ya, kan asli jogja

  39. @pak ketum..

    walah…. pak ktua commentnya kok dihabiskan sendiri.

    tapi salut buat pak ketua, tapi knp baru muncul kemana ja slm ini.

  40. for you IMMawan/IMMawati KM3 ditunggu pasrtisipasi temen2 untuk meramaikan Weblog km3 dengan tulisan2.

    kita juga bisa berdakwah bil kitabah…atau dengan tulisan..kok, so jangan malu untuk menulis

    ijhad wala taksal latakun ghoofilan fanadaanatul uqba limaiyatakaasal…

  41. assalamu’alaikum
    rapat yg rencana mau di t4 km3wati ane.,
    rapat tentang apa ya?!
    he3 af1 kemarin ndak datang rapat.,
    wah tentang rencana mau kumpul se Ind.,
    subhanallah.,mau donk?!

  42. iya ne.,
    mas sigitnya lagi semangat banget., oiya
    saya ada foto2 waktu musykm3 kmrn.,
    bagi temen2 litbang bisa ngopy di komptr sy kalo mau ditambahkan ke blog km3

  43. boleh2 pak ketum asal untuk dana konsumsinya g masuk ke saya kan?heheheee.untuk tempatnya di kotagede.piye?

  44. Aslmkm….

    salam perjuangan, wah dengan blog km3 ini jd + rame + temen ya…

    ups teruss berjuang, jgn buat macem2 lo ya….

    bukti kecintaan bukan berarti kita harus selalu menampakkan muka, tapi dengan semangat juang n ketulusan dlm b’dakwah.Ok!!!

  45. Assalaamu’alaikum
    IMMawan sigit, menindaklanjuti sms yang lalu mengenai keinginan kader km3 yang mau kita delegasikan ke pelatihan gimana?

  46. boleh2 pak ketum asal untuk dana konsumsinya g masuk ke saya kan?heheheeee….untuk tempatnya di kotagede.pripun?

  47. ga sengaja buka KM3 ,, slmat berjuang ya,,,
    sy kenalnya cm wktu periodenya idrus and tmn2 stikes ‘aisyiyah
    ma’an najah

  48. emmmm, g mana tuch temen-temen, saya kan terserah aza. oh ya temen2 solo sepertinya ada penundaan agenda tersebut, insaya alloh kalau semua udah jelas, kita kabari lagi, untuk temen2 semua masih banyak egenda yang harus kita kerjAKAN, kalau ujian dah pada selesai, ingat PR MASIH BANYAK BANGET

  49. OOOOOO, UHTI KECIL ANTUM TO LEN!

  50. we untuk sekretaris satu, wah kemana dia, untuk tmen2 yang sudah menemukan tolong di jaga ya

  51. km3 lagi mo banyak kegiatan nie., temen2 kumpul yuuuuk.,
    kan dah lama juga ndak kumpul2 lagi.,
    kangen musykam3 yang di kaliurang ne.,

  52. assalamu’alaikum temen2 semuanya.,
    ada yang kelupaan nie.,
    sekaligus pemberitahuan untuk semuanya
    insyaAllah tanggal 28 kita ada acara puuuuuueeeeentiiiiing puol.,
    segera cari info ya?!

  53. Salam…
    Subhanallaoh… selamat buat KM3, semakin mantap aja dalam perjuangan dakwahnya. semoga tetep istiqomah. ayo ramekan kajian ahad pagi.
    salam dari immawati ugm.

  54. @ immawati dimi

    waalkumsalam..
    terima kasih atas dukungan dan pertisipasi immawati dimi. mari kita bersama meramaikan dakwah Islam. karena setiap umat Islam wajib untuk untuk berdakwah.

    bondo, bahu, pikir nek perlu sak nyawane pisan..

  55. assalaamu alaikum wr wb
    mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidakhadiran saya dalam berbagai kesempatan yang diridhoi Allah ini,,,,,,saya jg sebenarnya telah tersibukkan dengan keadaan saya di rumah
    tapi jangan menyerah kawan ..innallaha ma’ana,,,,,,,fastabiqul khairaat!!!!!!081227292746

    • Wa’alaikumussalaam km3wan Hemat, jgn lupa datang di kajian ahad pagi ya… mari kita rajut benang dakwah hingga menjadi bermanfaat untuk ummat manusia, fastabiqul Khoiroot…

  56. Assalamu’alaikum, saudara-saudaraku KM3 semuanya. Saya sangat senang karena ternyata masih ada saudara-saudara saya di IMM yang peduli dgn dakwah. Kapan ya di Malang ada KM3 yang aktif kegiatannya seperti teman-teman. mohon bantuannya dan dukungannya ya untuk KM3 Malang biar segera bergerak

    • waalkumsalam…
      Immawati Inna yang dirahmati Allah, di malang ada seorang dosen UMM yang bernama bernama Gonda Yumitro, beliau adalah alumni PNM3 angkatan ke 3.
      kalau tidak salah beliau adalah pembina IMM unbraw juga UMM.
      coba Immawati Minta beliau untuk menjadi pertimbangan ke beliaunya..saya yakin anda sudah kenal beliaunya…
      tapi saya kasih no nya aja ya dicatet ya…081578811714

      oya sampaikan salam dari km3 Jogja buat beliau ya..

  57. Asssalmu aalaikum kepad seluruh Aggta KM3 di seluruh tanah air
    KM3 solo tanggal 21 ampek 23 mo ngadakan PM3 mohon doa dan dukungan,
    dan juga kepada seluruh alumni km3 solo jngna lupa untuk hadir dalam acar ini….

    • waalkusalam…
      insya Allah kami akan datang…
      semoga sukses acaranya.

  58. Assalamualaikum,
    sedikit ada pertanyaan kM3wan/ti (eh salah apa bener ya) mungkin ini agak aneh atau gmana
    sebutan Km3wan/ti itu idenya siaa sih kok keliatane kaya di paksakan begitu…..? bukan idenya COSMOSkan?
    apa sudah di tetapkan dalam suatu musyawarah atau ingin membuat tandingan dengan yang lain….?

  59. Assalamualaikum
    IMMawati Inna
    selama ini apa yang telah di lakukan oleh temen -temen KM3 selama ini ..?
    mana suara kang alan,kang zul dan suara kang2 yng lain..?
    kok g ad kabar lagi

  60. To: Km3 Solo Kobarkan terus Ghirah antum semua. Tetap kompak dan luruskan niat yang terpenting. He. Q kangen sama kalian tapi afwan ya ku nggak bisa hadir diPM3 Bylali yang sampai saat ini masih berlangsung. Eit jangan lupa siapin follow up yang mantap pasca PM3 yang mantap ya. Sukses selalu.

  61. “Ya Allah muliakan dan tinggikan perkenankanlah izzah islam dan muhammadiyah ini tegak melalui tangan-tangan kader-kader Km3. berilah keistiqomahan untuk selalu berada dijalanMu”

  62. “Ya Rabbi jadikanlah kader-kader yang militan yang selalu berda’wah amar ma’ruf nahi mungkar dalam wadah KM3 ini”

    “Ya Allah ijinkanlah para kader KM3 ini menjadi salah satu bagian yang ikut meninggikan izzah islamMu”

    “Ya Allah berilah keistiqomahan para kader Km3 untuk selalu berada dijalanMU. Jangan biarkan dia futur sebelum kemenangan ini tergapai”

    Amin-ya Rabbal A’lamin

  63. Assalamu’alaikum untuk semuanya..
    alhamdulillah..habis kirim-kirim tulisan akhirnya ketemu KM3 community…

    semoga qita selalu dalam lindungan Allah dan silaturrahim kita selalu terjaga…

    salam untuk semuanya..
    hp saya 081328775415

    wassalamu’alaikum

    • Wa’alaykumussalaam…. amiin…

  64. salam perjuangan
    kepada immwan sigit kapan di laksanakan PNM3
    kammi sudah tidak sabar lagi ingin ikut

    • buat immawan sodiq, isbir ya akhi… innallaha ma’ashobirin…

  65. salam untuk semuanya KM3wan dan KM3wati………….
    semoga sukses selalu dan selalu dalam lindungan ALLOH SWT.

    • amiin…

  66. hidup hanya sekali di dunia ini. sebagai seorang aktifis, kita harus buktikan bahwa kita pernah hidup di dunia ini dengan sebuah karya nyata yang dapat dilihat oleh orang- orang beberapa generasi setelah kita.buktikan bahwa kita pernah hidup dengan suatu karya. jangan biarkan kita hidup hanya sekedar hidup. ayo semangat…..!!!

    • yup, salah satu karya nyata yakni berupa tulisan.. ayao menulis…

  67. salam Abadi perjuangan…..
    kawan selama ini pa yang suah kita kerjakan slama ini kepda
    ummat,
    sejauh mana bentuk konsistenan kita dalam mengemban anmanah selam ini..

  68. tunujkan perjuanganmu……..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: